Akhirnya Underpass Tambun Resmi di Buka

Tambun - Bupati Bekasi dr. Hj. Neneng Hasanah Yasin akhirnya meresmikan Underpass Tambun, dirinya mengaku senang proyek yang tertunda selama tiga tahun ini akhirnya sudah dapat digunakan masyarakat.

"Saya merasa happy akhirnya Underpass Tambun selesai dan dapat digunakan masyarakat" katanya saat peresmian, Rabu (10/5/2017).

Menurutnya, masyarakat Kabupaten Bekasi sudah menunggu lama proyek underpass ini selesai bahkan dirinya sempat ragu jika pada Pilkada 2017 lalu tidak dipilih kembali masyarakat Tambun karena tergganjal adanya proyek underpass yang mangkrak.

"Ini sekarang diresmikan dan sudah bisa digunakan masyarakat untuk beraktivitas" tambahnya.
Sementara itu, Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Prasetyo Budi Cahyono dalam sambutan peresmian menyampaikan permohonan maaf karena proyek underpass sempat mangkrak selama tiga tahun karena gagal lelang di pusat akhirnya terpaksa harus dilelang ulang dan pada Mei 2015 pekerjaan mulai dilanjutkan lagi.

"Kami menyampaikan permohonan maaf karena proyek sempat mangkrak, ini semata-mata bukan karena tidak ada anggarannya, tapi karena gagal lelang, akhirnya kita harus lelang ulang dan sekarang sudah selesai" katanya.

Prasetyo juga kagum dengan ramainya masyarakat sekitar yang menyaksikan peresmian, ini bukti bahwa masyarakat sudah sangat merindukan hadirnya Underpass Tambun untuk kembali menggiatkan aktivitas masyarakat yang selama proyek sempat terganggu.

Proyek Underpass Tambun mulai dikerjakan pada April 2014 dengan menutup perlintasan kereta api sebidang berdekatan dengan Stasiun Tambun Jl. Mekarsari - Mangun Jaya, underpass dibangun berkaitan juga dengan rencana proyek Double Double Track (DDT) Manggarai - Cikarang dan akan hadirnya kereta listrik sampai ke Cikarang. Selain itu proyek underpass juga diharapkan dapat menjadi solusi kemacetan.

Pemerintah Kabupaten Bekasi mendapat tugas untuk membebaskan lahan kurang lebih 1,2 hektare dengan APBD kurang lebih Rp54 miliar, sedangkan proyek underpass dikerjakan pemerintah pusat dengan anggaran APBN Rp108 miliar memiliki lebar 22 meter dengan panjang 162 meter dengan 4 lajur kendaraan.

Evy, 24 tahun, ibu rumah tangga yang juga ikut menghadiri peresmian mengungkapkan kegembiraan karena akhirnya Jalan Mekarsari yang hilang selama ini sudah kembali dan siap digunakan.
"Seneng ya akhirnya underpass Tambun udah diresmikan dan siap digunakan, akhirnya jalan yang hilang akhirnya kembali lagi ini, mudah-mudahan gak macet" ungkapnya.

Senada dengan Evy, Haidar, 27 tahun, warga Mangun Jaya yang juga mengaku senang akhirnya dirinya kini bisa melintas di Underpass Tambun tanpa harus berputar-putar jika berangkat bekerja.
"Udah enak, jadi gak harus muter-muter lagi nanti. Yang penting sekarang dijaga aja ini, khawatir kedepan jadi pangkalan angkot yang ngetem, corat-coret tembok underpass. Pokoknya biar dijaga aja fasilitas milik bersama" katanya.

Acara peresmian ditandai dengan pemotongan pita, tampak warga yang hadir antusias menyaksikan, usai diresmikan warga bersorak-sorai dan bertepuk tangan tanda sahnya Underpass Tambun siap digunakan.

Sumber: www.urbancikarang.com/v2/page.php?halaman=Underpass.Tambun.akhirnya.jalan.yang.hilang.kembali#.WRwOOuXyhPY

Comments